Tips : Global Warming …


Ehmm belakangan ini istilah ini ngetop banget di kalangan aktivis lingkungan dan dikampanyekan dengan banyak cara. Gak sedikit orang yang peduli namun gak sedikit pulak yang OMDO, ngaku peduli tapi gak dibuktiin dengan perilaku. Bukti nyata dari efek global warming itu tentunya menjadi semakin panasnya bumi dan secara umum merusak ekosistem yang ada di bumi. Kalo terjadi dalam waktu berkepanjangan akan berakibat fatal seperti punahnya beberapa spesies (terlebih bagi mereka yang tinggal di daerah kutub) yang tentunya akan merusak rantai makanan (untuk jelasnya, gw rekom kalian untuk nonton film the earth, sebuah film dokumenter terbaik yang pernah gw liat, bagi lo yang gk punya DVDnya dan kebetulan tinggal deket kosan gw, boleh pinjem dari gw … FREE !)

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari efek global warming walau dalam tindakan yang paling kecil dan sederhana dan tak terpikirkan oleh kita. Berikut ada beberapa hal kecil yang gw udah lakuin untuk membantu mengurangi global warming, mungkin teman-teman bisa contoh juga :

1. Penggunaan kain lap
Akhirnya gw memilih kembali menggunakan kain lap jika ada tumpahan air atau mengeringkan tangan (kalo abis cuci tangan bo) di kosan dan di kantor. Tujuannya: gw bisa menghindari penggunaan tissue yang berbahan dasar kertas (pastinya sumbernya dari pohon). Mungkin sih klo cuma gw sendiri yang melakukan efeknya gak banyak, tapi klo semakin banyak yang mungkin mikir menggunakan kain lap, maka semakin banyak jumlah pohon dan hutan yang bisa kita selamatkan. Resikonya sih ya harus semakin rajin cuci kain lap, tapi ini gak berasa banget kok … tinggal rendam dengan menggunakan detergen secukupnya trus dikucek-kucek bentar, bilas lalu jemur, Gak usah disetrika dech … tinggal lipet doang.

2. Bawa tempat makan sendiri
Sebisa mungkin klo gw beli makanan yang pake bungkus itu, gw bawa kotak makanan sendiri (beli siomay, dkk) atau menggunakan mangkok bapak-bapak yang jual bakso atau bubur. Tujuannya: gw bisa mengurangi sampah plastik, karena pada akhirnya gw hanya menggunakan wadah tersebut selama kurang lebih 5 menit. Toh abis beli, gw pasti nuangin ke piring lalu makan dengan menggunakan piring. Kemana larinya plastik pembungkusnya? gak lain dan gak bukan gw buang ke tempat sampah. Ini emang gak mutlak gw lakuin, selama gw masih bisa bawa kotak makanan sendiri atau meminjam mangkuk si emang-emang yang jual.
Belakangan ini gw hindarin penggunaan styrofoam. Dari info yang gw dapet, selain itu membahayakan kesehatan klo kita makan dengan menggunakan wadah tersebut, ternyata styrofoma itu sulit untuk diuraikan (sampe mabok dulu kali ya bakteri pengurainya .. itu juga gak ancur-ancur)

So far, gw cuma bisa melakukan 2 hal kecil tersebut. Gw juga punya kesibukan lain dan gak memungkinkan gw bikin touring untuk kampanye atau cupa-cuap di media, tapi bukan berarti gw gak peduli. Moga semakin ke depannya gw bisa semakin peduli. Gw harap teman-teman lain juga perduli, karena ini semua untuk masa depan kita.

berikut adalah quote yang gw dapet dari film ‘THE EARTH’

God made and created all the creatures inside it in a very perfect condition. He loves us and that’s why HE make sure that the people feel comfortable. But each day, people is getting greedy, it turns the earth to global warming condition. If we can make any change (even a very simple one), the fact that the polar bolar will come to an end in the year of 2030. The fact that ice chunk along the ocean nearby to north pole force the bear to do hard swim. The humpback wheels also will come to an extinction if there’s no change in global warming. They depends on the plankton to feed them but the plankton itself can live in a cold water. Remember, GOD let us live in HIS planet just for a while. we’ve got to keep the responsibility to give this world to our generation, our children and our children children. Open your eyes, together we hold each of our hand, save the world and make to world as a better place to live.

Ref: the ‘EARTH’ movie and this EARTH site

9 thoughts on “Tips : Global Warming …

  1. Rycka says:

    1.hmmm…jadi inget inang kita tuh yang slalu nyimpan plastik asoy bekas blanjaan yang masih bersih, trus next weeknya (karna “enyak” kita emang cm skali sminggu blanja) pas mo blanja lagi dibawanya tuh plastik asoy trus d kasihnya lagi ama penjual kenalannya…
    So si penjual makin hemat n sampah plastik bs agak2 kurang

    2. Klo aku emang klo mo bli jajanan, ntah bakso ato bubur, ato lontong dsb yg dkat2 rumah, pasti bawa mangkok dr rumah(biar lbh banyak di ksh penjualnya :D), ato klo hrs d bungkus pasti mintanya bungkus pake daon pisang karna katanya klo pake plastik itu rada2 beracun gt katanya lagian skalian ngurangi sampah di rumah dan daun pisang lbh mudah terurai drpd plastik(kata guru kimiaku dl waktu SMA):)

  2. mshennie says:

    @indra:
    Hehehe ..iya nih, tiba-tiba keinget .. sabtu kmaren ak lagi borong kain lap lucu soalnya
    tujuannya ya emang ngurangin penggunaan tissue

    @rycka
    yuk … dukung aktivitas untuk mengurangi global warming

    @ruben
    global warming lah itoQ, kan klo diterjemahin ke indonesia jadi “pemanasan global” bukan “peringatan global” (global warning).

  3. mshennie says:

    @manik:
    tergantung orangnya sih to …
    klo aku pribadi, klo beli somay, bubur, bakso (in case deket ama kosan ya)
    aku biasa bawa kotak makanan sendiri, klo gak pinjem piring yang jual makanan trus abis makan dibalikin lagi dech ama tukangnya.Tapi ya kembali ke pribadi masing-masing … tiap orang kan beda, mungkin ito punya cara beda untuk mendukung pengurangan global warming. Y ora opo-opo toh. Being different is normal as long as it makes you comfort and don’t bother othersπŸ˜€.

  4. bonatua says:

    Pesta, ada beberapa tips kecil juga nih.. Colokan listrik segera dicabut kalo ga dipake. Misalnya charger-an hp. Lampu segera dimattin kalo gak dipake.
    Untuk yg cewek2. Keramas + Mandi. Biar air ga boros hanya untuk keramas aja. Jadi kalo ada rencana mau keramas, ya pas jadwalnya mandi. dll

  5. mshennie says:

    @fajrin
    salam kenal dolo ya mas …
    “inconvenience truth” belum pernah nonton …(tapi penasaran sih, apa gw hunting dulu kali ya?)
    tapi klo “the earth” pilemnya bagus, gambarnya bagus dan klo gak salah kmaren nih pilem masuk nominasi oscar jg buat “the best picture”. Gw dah tonton pilem ini tiga kali. Mo pinjem boleh, ato mo beli DVD yang “glodok punya” boleh …

    @bonatua
    tuh kan bener temen-temen… pasti kita jg punya tips-tips kecil lain yang sederhana tapi klo dilakukan rame-rame efeknya keliatan. Makasi ya bona buat tipsmu …

Leave a Reply

