Tampil Beda


Nah lho .. seru kan liat topiknya? Istilah ini gak asing lagi ama kita terlebih bagi mereka yang tinggal di daerah metropolitan. Bahkan tidak jarang beberapa orang mengatasnamakan tampil beda menjadi salah satu syarat agar diterima dalam pergaulan. Bagaimanakah tampil beda itu dalam arti sebenarnya? apakah itu sebatas masalah fashion dan life-style yang diikuti oleh sebagian fashionista? atau orang awam juga patut mengikuti gaya hidup yang umum lekat dengan konteks “elite” dan “berduit”
Pemirsa .. . inilah insert investigasi … !!
(*halah .. lagi-lagi obsesi presenter ….-_-” !)

tidak sedikit kalangan selebritis baik domestik maupun internasional menerapkan prinsip ini dalam keseharian mereka.sebut saja nama Maia Estianty beserta rekannya May Chan ato Agnes Monica yang menerapkan Harajuku … fashion ala Jepang yang cukup berani mix and match baju .. walo dalam kacamata orang mata tuh baju gak nyambung banget. (klo gw pake baju itu pasti dikatain gelo ato over pede, tapi karena seleb yang make .. jadilah gaya itu dikatain “keren” dan sangat fashionable).

Kalangan awam kaya kita?
tetep juga ada yang menerapkan prinsip ini … (i’m not in … gw cenderung menggunakan chic and casual dalam memilih baju, yang penting nyaman aja gw makenya). Nyinggung masalah tampil beda?
Well, gw inget beberapa saat lalu saat iseng ngiterin Carrefour dan singgah sebentar di stan buku dan majalah .. sedikit rada2 penasaran ama artikel yang gak jauh beda dari tulisan ini … salah satu sobat wanita (duh gitu dech kira2 majalah itu nyebut ….) mencoba tampil beda dengan bleach rambut dengan menggunakan warna kuning terang (blonde abis … ). Menurut pengakuan dia, emang awalnya rada malu … why? pasti donk … karena salah satu ciri khas kita orang yang ada di negeri timur ini adalah rambut item. Jadi tampil blonde dan beda di antara yang lain mungkin terasa geli di awalnya. singkat cerita, soal ke”blonde” jadi-jadian dia itu emang bikin dia gampang dikenalin … gak hanya di antara temen-temen anak dia di sekolahan – soalnya doski anterin anaknya ke sekolah saban pagi … tapi di antara tukang ojek yang sering mangkal di perempatan deket rumahnya. Dia juga memiliki nama yang unik dengan penampilan barunya tersebut. Ada yang katain dia “bule celup”,”pirang menyala” ato “mama naruto”. (gw juga gak tau kenapa rambutnya bisa se-pirang itu … apa karena kelamaan “diungkep” atau emang komposisi dari pewarna tersebut yang ditambah dari formula yang dianjurkan di petunjuk penggunaan).

Waktu ada arisan keluarga juga terjadi kelucuan …salah seorang keponakannya yang lagi demen benda-benda bersinar dan nerapin konsep fluoresence nanyain ke dia
“tante … itu rambutnya apa glow in the dark ya?” Hahahah … pertanyaan polos dari seorang anak kecil yang cukup menggelitik. Glow in the dark ?!! (yaollo astapillo … mang senter ?!)

Tampil beda bukanlah dosa dan tidak akan menimbulkan penyakit norak kronis selama kita masih bisa menimbulkan kenyamanan bagi diri sendiri dan orang-orang sekitar kita. Tampil beda juga bukan melulu hanya diliat dari segi fisik dan penampilan sajah, walo pada dasarnya doktrin bahwa tampil beda ditunjukkan dengan emang totally tampil beda dari segi fashion. Mungkin kita ingat iklan A-Mild yang emang dari jaman dulu gk ada matinya … sekumpulan orang berenang menuju sebuah pulau toga (ini istilah gw doang karena itu pulau ada topi toganya). Tiba-tiba dari sekumpulan perenang itu ada yang lari jalur, pindah ke sebuah pulau dengan sebuah nyiur melambai …(dia kepikiran untuk bikin pulau itu jadi komersil dengan menjadikannya island boat). (untuk vote silahkan buka di http://www.pilihangue.com, note: only for : 18+). Si perenang “lajur” (lari jurusan tersebut) bisa juga dikatakan tampil beda, saat orang-orang capek-capek ngejar gelar akademik, dia merasa puas dengan usaha barunya sebagai penyewa “island boat”. Pilih profesi yang jarang dilakukan orang pada umumnya juga adalah salah satu bentuk tampil beda (buat referensi dan mikir-mikir loe pengen beralih profesi unik tapi menjanjikan, gw rekom loe tonton acara Jakarta Profesi yang ada di O-Channel). Salah satu bintang tamu yang pernah nongkrong disitu adalah tante Avantine (designer kebaya yang tersohor, gw sampe mimpi nih apa pas my big-day gw sanggup ya nempahin kebaya gw ke sanah – any volunteer?), Christopher Abimanyu (sopranos yang suaranya mirip2 ama Luciano Pavarotti). Klo emang dah niat pengen tampil beda, setidaknya kita itu harus pede, optimis dan berani taking risks.

Nah dari situ … mungkin bisa diambil contoh tindakan yang masuk “tampil beda” tanpa merusak diri sendiri dan orang sekitar. Any idea ?

4 thoughts on “Tampil Beda

  1. bonar says:

    tapi kadang lingkungan sekitar tidak mendukung dengan tampil bedanya kita, malah sering ditemukan orang yang tampil beda malah diolok-olok, sampai2 dibilang gila pula!!! hmmmfff….

    ngomong2 soal fashion, saya orangnya gak terlalu ngikutin style yang sedang ngetren. makanya sering bilang ke diri sendiri, “kayaknya gw mati gaya deh..”
    ha..hah….πŸ˜€

  2. Manik says:

    Kalo tiap saat tampil dgn kondisi yg berbeda…saya kira itu bisa membuat person yg bersangkutan akan susah membuat patokan akan dirinya sendiri

  3. mshennie says:

    @Togi
    yupe … tampil beda bisa dibilang kreatif klo kita dan orang lain merasa nyaman akan hal itu. Tapi klo orang lain juga rada2 “gubrak” liatnya itu udah masuk kategori norce (*norak bo ala tata dado)

    @bonar
    Salam kenal bonar …
    Be different is not about fashion or something that eyes can see and hand can touch, seperti yang gue bilang di tulisan gue, milih profesi berbeda and see it works itu juga bisa dikatakan tampil beda.

    @Manik
    But as long as she/he enjoys it and people around feel happy, everything is OK.
    Mungkin pernyataan itu cucoknya bagi kalangan seleb kali ya to, yang gak sedikit dari mereka pengen dicap sebagai trendsetter (but balik ke awal, be different is not all about fashion)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s