Jerawat (part II)


Sodara-sodara … menyambung postingan gue sebelumnya dan dari statistik blog gue juga nunjukkin ternyata postingan gue yang paling laris manis adalah soal jerawat ! bahkan statistik pencarian juga nunjukkin yang paling banyak dicari orang soal jerawat dan tentu saja soal Erha Clinic (klinik dermatologis yang dulu gue pernah kunjungin).

statistik_mshennie

Jerawat ! emang gak asik banget. Mungkin gak semua tau klo ini adalah salah satu masalah terbesar (segi medis) yang kedua terbesar setelah masalah kegemukan (obesitas) dan ketombe. Jadi jerawat ini ada di posisi ketiga. Walo gak semua orang pernah berjerawat, tapi hampir kebanyakan orang pernah merasakannya (ngaku ajah, barang sekali nongol pasti pernah !!!).

Gue akuin kmaren gue rada cocokan di erha dan seenggak-enggaknya populasi jerawat gue jauh berkurang dan sekarang yang tertinggal adalah scars (gue belum dapet dana cukup buat fraxel *salah satu perawatan dermatology untuk menghilangkan bekas luka di wajah termasuk jerawat, flek hitam. Klo gue gak salah perawatan ini menggunakan laser. Jangan tanyakan gue laser apa yang dipake, wong gue aja kagak pernah).

Pengalaman memiliki jerawat ini jadi ngajarin gue buat lebih jaga kebersihan muka dan sedikit lebih “care” dengan wajah yang sebelumnya gak pernah kepikiran ama gue. Beberapa hal yang bisa gue share soal jerawat adalah:
1. Kebersihan muka itu perlu
Jadi klo boleh lebih sering ajah cuci muka klo dirasa wajah udah jorok gitu misalnya kalo barusan keluar dan wajah kena debu gitu. Masalah dalam cuci muka ini juga ada tips dan triknya ternyata sodara-sodara … Dokter dan beberapa ahli kulit nganjurin jangan menggunakan pencuci muka yang memiliki tekstur scrub kasar (gak enak juga bilangin merk, tapi mungkin Ponds, Biore itu termasuk salah satu pencuci muka yang scrubnya lumayan kasar). Bandingkan dengan Loreal Pure Zone atau Facial Wash Erha. Untuk beberapa kasus, cuci muka ajah gak cukup bersihin muka, untuk bisa menjamin lebih bersih .. coba bersihkan lagi dengan menggunakan milk cleansing dan tonernya.

2. Masalah tidur
Gue baru tau ternyata tidur ini bermasalah juga ama jerawat. Tepatnya sih bukan tidur, tapi masalah bantal dan sebangsanya. Umumnya kan jerawat ini nyerang orang-orang yang kulit wajahnya sensitif. Jadi jorok dikit aja, udah pasti diserang ama jerawat. Bantal yang empuk juga ternyata bisa jadi salah satu saluran datengnya jerawat. Jadi usahakan tidur itu dalam keadaan terlentang dan kulit wajah tidak mengenai bantal. Klo mau kena juga boleh, tapi sering-seringlah mengganti sarung bantalnya (apalagi klo ileran kali ya bo?).

3. Makanan
Dokternya kemaren bilang, makanan juga bisa jadi pemicu jerawat. Jenis makanan pedas dan manis. Klo masalah makanan pedas sih gue gak masalah, gue juga gak terlalu suka makanan pedas. Tapi soal makanan manis itu emang jadi masalah gue, gue penggemar coklat. Tapi gue rasa gue juga bukan dalam tahap maniak banget.

4.Banyak minum air putih
gak cuma iklan doang yang ngomong, dokternya juga kmaren kasih pesan begituan. Katanya sih bisa membantu lepasin toksin yang ada di tubuh. Apa iya juga kali ya, klo jerawat itu salah satu reaksi dari toksin yang di tubuh? Ada yang bisa kasih keterangan?

Soal perawatan wajah gue gak macem-macem, tapi sekarang gue coba pake produk yang lebih aman (walaupun sedikit rada berat di kantong). Tapi ya balik ke prinsip ekonomi “ada duit, ada barang” alias harga gak pernah bohong

1. Untuk pencuci muka
Gue pake loreal pure zone (ada 2 jenis tuh yang scrub ama facial wash biasa). Klo yang scrub (ada dalam kemasan tube, isinya 100ml. Gak berwarna dan ditambah scrub halus warna biru –ย  loreal pure zone exfoliating gel wash). Lebih encer dari pencuci muka sejenisnya. Biasa dijual dengan harga Rp. 29.000 – Rp. 32.000. Kalo yang satunya lagi (isi encer, gak berwarna dan isinya 200ml) – Deep Purifying Gel Wash. Ada tipsnya juga ternyata klo keadaan wajah sedang berjerawat maka pake yang tanpa scrub karena ternyata scrub bisa mancing temen-temennya buat nongol juga. Tapi klo emang udah mendingan, maka bisa pake yang pembersih dengan scrub. Ternyata gunanya scrub itu buat buang kelebihan minyak yang ada di wajah bukan buat mengikis jerawat karena klo dipake pada kulit wajah berjerawat yang ada jerawat tuh makin rame karena kulit wajah jadi iritasi.

deep-purifying-gel-washyang ini namanya : Deep Purifying Gel Wash

loreal-pure-zone-exfoliating-gel-washyang ini : loreal pure zone exfoliating gel wash

2. Untuk pelembab
Gue pake Loreal untuk kulit sensitif. Klo pertama kali pake pelembab ini mungkin bisa jadi orang merasa aneh, karena baunya itu lho. Ini adalah salah satu pelembap non-perfume. Pengalaman gue pake pelembap ini cocok dengan gue karena emang gak bikin kulit berminyak. Di jual di pasaran dengan harga Rp. 95.000 – Rp. 100.000 (ukuran 50ml). Dalam bentuk krim, tapi gak bikin lengket di kulit dan dibandingkan dengan produk sejenis lain (misalnya Ponds, Garnier), pelembap ini lebih mudah diserap kulit tanpa membuat kulit wajah keliatan seperti wajan penggorengan. Mengandung SPF 20++ย  karena pelembap yang ini emang dikhususkan untuk wanita asia yang hidup di daerah tropis.lorealperfect2loreal white perfect (re-lighting whitening spf 20++)

3. Untuk bedak
Klo buat cowok sih, poin ini bisa diskip ajah. Tapi klo buat cewek … hal ini mungkin penting juga. Gue pake MMU (Mineral Make Up dari Loreal juga). Bentuknya yang powder emang cocok untuk wajah berjerawat dan sensitif. Lebih nempel di kulit dan gak bikin wajah cepat berminyak. Gak nutup pori-pori juga tapi awet (karena di dalemnya dah mengandung foundation). Diaplikasikan ke wajah dengan menggunakan kabuki (jadi lebih gampang merata di wajah). Kalo mungkin beberapa orang yang ngikutin perkembangan make up dan sebangsanya, sekarang emang trend-nya cenderung ke arah mineral make up gitu karena bahan pembentuknya lebih alami (oil free, non comedogenic, no perfume and no preservation). Maybeline, Revlon, TBS, Ciel Mineral juga udah ngeluarin produk ini. Tapi karena gue udah pake Loreal, maka gue ambil aja yang sepaket biar lebih cocok. Harga di pasaran Rp. 155.000 – 160.000.Tapi berhubung kemaren di Carrefour ada beauty Fair maka gue kmaren belinya dengan harga miring (only Rp. 119.000). Pilihan warna yang ditawarkan juga lumayan banyak.

mmu_loreal15. Untuk krim jerawat
Klo untuk krim jerawat, gue masih tetep pake acne lotion erha. Itu juga gue pake dalam kadar seperlunya, saat gue sedang ada jerawat ajah. Tapi klo keadaan wajah gak bermasalah ya gue gak pake. Untuk cewek saat jerawat sering numbuh itu klo udah deket-deket mo dateng bulan. Pengaruh hormon juga kali ya jeung?. Menurut gue, AL (acne lotion) erha ini tergolong obat keras apalagi klo digabungin dengan AT (Acne Toner) karena pertama kali dipake ke wajah itu bener-bener perih dan panas banget. Cuma klo udah biasa sih ya gak berasa lagi. Tapi bagi gue tetep ajah panas. Khasiatnya: cukup ampuh untuk basmi jerawat dengan cara instant (gue cuma pake ini sebulan dan jerawatnya langsung mengering). Pesan gue pake obat ini klo emang wajah berjerawat, tapi klo lagi gak berjerawat jangan digunakan karena efek produk ini selain emang bikin wajah menjadi panas saat penggunaan, produk ini juga mengakibatkan wajah menjadi lebih berminyak. Penggunaan jangka panjangnya (dalam kadar teratur tanpa memandang keadaan kulit wajah sedang berjerawat ato enggak) bisa bikin kulit wajah kita resistan. Dalam artian besok-besok kita berjerawat trus pake produk yang sama gak akan ngaruh lagi. Lagian, harga produk erha ini gak baik buat kantong๐Ÿ™‚.

Gue cuma bisa share cerita segitu doang, sekarang gue masih punya PR buat ilangin scars (bekas jerawat). Cara yang paling mantep itu sih fraxel, tapi dokunya gue gak nahan (sekali fraxel itu kena 4-5 juta ,klo gue gak salah erha nyediain fasilitas fraxel di tempat mereka. Mungkin untuk lebih jelasnya bisa buka websitenya ato datengin langsung klinik pusatnya yang ada di kemanggisan). Kalo ditanya produk lain gue gak bisa kasih testi karena kmaren ada temen yang nanyain ke gue soal natasha ,murad skincare ato titi moertolo yang ada di benhill.Gue cuma coba erha doang dan kebetulan langsung cocok. Satu hal yang positif yang perlu diketahui oleh orang yang kulitnya berminyak, keadaan/kondisi kulit wajah yang berminyak itu memperlambat proses kerutan di wajah, jadi lebih awet muda๐Ÿ˜€. So, gak selalu buruk kok memiliki kulit wajah berminyak.


26 thoughts on “Jerawat (part II)

  1. bonar says:

    wah..wah..wahh..
    seklain promosi produknih ‘to…
    rugi loh kalo gak dapet biaya advertising dari produsen..hehehe…

    sekalian deh mo ngucapin :

    Semalat Hari Natal dan Tahun Baru 2009,
    semoga Damai natal dan Kasih Kristus menyertai kita semua dan semakin sukses di tahun yang baru…

    horas,

    bonar + Kel
    http://sihotang407.wordpress.com

  2. arif says:

    salam kenal dari wong ndeso sing ora tau ming kutho

    eh..betul banget tuh..jerawat emang jadi masalah PD.
    Kalo gw ngilanginnya dengan cuci pake sabun yang mengandung sulfur

  3. de' says:

    mbak…loreal white perfect (re-lighting whitening spf 20++) bisa ngilangin merah2 bekas jerawat ga???
    mengganggu penampilan bgt nih mbak…
    plizz di commment ya mbak…

    • miss hennie says:

      ehmm … itu namanya scars ya ? menurut gue sih kurang manjur ya. mending ambil serum nya yang buat noda item di wajah gitu aja, jadi bisa ditotolin ke bekas2 jerawat gitu. klo yg elu bilang di atas itu sis, itu mah cuma buat pelembap bagi wajah yg sensitif …

  4. mshennie says:

    ehmm loreal gitu ya? gw rasa sih bisa … tp prosesnya gak cepet … gak kae elu makan cabe, begitu digigit pedasnya langsung berasa. Ngerti kan maksudnya?๐Ÿ˜€

    • miss hennie says:

      first of all, thanks buat randy yang dengan baek nongkrong ke blog gw walo ngomongnya rada nyela. postingan ini pengalaman gw, jadi menurut gw ini yang akurat dan baek di gw. klo elu merasa gak akurat di elu, so mending gak usah mampir dan kasih komen beginian. this is my blog, dude. Just take it or leave it. always as simple as it …

  5. bumbl3bee says:

    wuih baru berkunjung lagi๐Ÿ˜€
    jerawat udah ilang nih mbak beserta komedonya hehe. sayang, bekasnya masih ada. sekarang lagi perjuangin yang itu. moga2 bisa ikutan ilang juga.

    jadi kepikiran mo ngelepas krimnya satu2. tapi trauma si J bakal balik lagi :((
    sekarang sedang coba lepas krim sorenya mbak. doain berhasil yaa

    oia tipe wajah mbak sensitif kan ? yang berminyak di daerah T aja ato gimana? trus klo merek pelembab yang udah pernah mbak pake sebelum l’oreal apa aja? *maap lagi2 banyak nanya*

  6. ola says:

    gw br aj pk erha 1 minggu ini.. lom ada perubahan berarti bahkan jerawat baru malah nambah..๐Ÿ˜ฆ
    baru kali ini ikut perawatan pake dokter2 an gt.. td nya gw jg pk produk loreal pure zone, dah bertahun2 bahkan..
    kepikiran pake erha karena jerawatnya makin bandel n banyak temen yg cocok pake erha..
    moga aja cocok d..

  7. ivana says:

    ivana

    gw pk erha udah 18 bulan…n hasilnya lumayan si J udah ilang cuma ya itu…..bekasnya lumayan msh ada… sampai skr gw ga boleh pk bedak…tp teman2 blng gw kyk pk bedak wajah jd putih. untuk siang slain cream siang gw di ksh resep sun blok jd wlu pun ga pk bedak tetep aja wajah jd bgs….kdng klu mlm/ada acara gw pk foundationnya erha. bgs kok………..

    muh2an aja erha cocok dech….

  8. Andika Pratama says:

    Kak saya mau tanya, L’oreal Pure Zone Exfoliating Gel Wash, yang ada di gambar itu sama kayak yg saya pakai selama ini. Tetapi skrg koq susah ya carinya??? kpn itu sih aku beli di Giant Margo City. tp udah gak ada lg. Adanya cm Deep Purifying Gel Wash!
    Saya sudah cari ke Pejaten Village, tp gak ada. Di Hypermart n Giant jg gak ada tuh. Dimana lg yah klo di Jakarta???
    Thanxs

    • miss hennie says:

      ouw … klo maen2 ke jakarta, banyak kok yg jualnya. gue liat di carrefour-itc cempaka mas ada, di sentro plaza-semanggi juga ada, trus di sentro-mall of indonesia juga ada. liat di counter loreal nya ya … moga beruntung๐Ÿ˜€

  9. Kiki Ohman says:

    Kak,,
    Mau tanya,,
    Kebetulan aku tinggal di daerah yang airnya ga bagus,,karna kulit aq sensitif banget selama 4th aq tinggal jerawatnya ga pernah ilang,,padahal d t4 asalku ga pernah jerawatan.
    aq udah pake Ponds dan beberapa produk tapi ga mempan masih suka bermunculan jerawatnya.
    Kira2 penggunaan produk Loreal kyk yg kk bilang di atas itu ngaruh ga dengan jenis air yang sering aq pake..

    Mohon direply yah kak..
    Thx & GB

  10. popon says:

    kagak cocok gw pake l’oreal ;( kok lu bisa cocok sih? dulu gw pake l’oreal juga yg pure zone dan sajen2nya.seminggu pertama kabur deh komedo2nya (gw komedoan doang), minggu kedua, balik lagi, plus konco2nya, muka jadi item pula.
    oke, ganti ke l’oreal white. hedeh, sama aja, tambah bruntusan, udah gitu item.

    akhirnya gw stop l’oreal. belakangan baru tau kalo dia masi animal testing, jadi gak nyesel gw.
    well..tapi ya cocok2an emang..untungnya gw ga cocok ahahahaha

  11. mellissa says:

    kemarin g ke dokter, kalo emg muka sensitif, baiknya cuci muka pake sabun bayi aj. teman g yang berjerawat habis pake sabun bayi ud ga lagi. Kalo jerawat g mah karena hormon n g males banget kalo ud dikasi obat untuk minum. Obat kan ad efeknya

  12. komala Andriani says:

    hmz,,sya cwek remaja brusia 16 tahun,,d wajah saya bnyak jerawat,,udh bnyak bdak2 yg saya coba tpi gax cocok,,gmna donk?

  13. Jemimah says:

    sis.gw lepas Erha nih. Yaaaah, mw lepasin ketergantungan aja,muka dl jrwtn trs pk erha mendingan.. skrg nyoba Olay. eh muncul noh jrwt. Maslahnya Olay gk ad yg buat perawatan kulit berjerawat sih ya.wktu sis pake loreal ini kondisi wajah berjerawat gk? thanks before

Leave a Reply

