curhat : odontectomy (operasi geraham bungsu)


Apa itu? well, kalau dari hasil googling. Odontectomy adalah

Removal of teeth by the bending back of a mucoperiosteal flap and excision of bone from around the root before the application of force to remove the tooth (source)

Kalo bagi saya pribadi: sakit tak terkatakan dan diet super cepet !

Nah, ceritanya ini berawal dari beberapa minggu lalu dimana saya merasakan sakit yang teramat sangat di geraham kanan bawah dan efeknya sampai ke telinga dan leher. Bahkan untuk menelan saja terkadang susah. Karena saya tipe yang malas berurusan dengan dokter, maka saya hanya mengkonsumsi painkiller saja (saya memilih cataflam 50). Tapi, namanya painkiller, ya efeknya cuma temporary doang. Saat dikonsumsi dan setelah beberapa jam, sakitnya hilang. Kemudian, balik lagi nyut-nyutan.

Akhirnya saya menyerah juga dan memilih mengunjungi dokter gigi. Waktu itu, saya coba konsultasi ke drg.Indah di RS. Mitra Kemayoran. Setelah dicek sekilas, dia merekomendasikan saya untuk melakukan foto panoramik. Di RS. Mitra Kemayoran sendiri, foto panoramik ini sendiri dikenai biaya Rp.140.000. Karena saya datangnya cukup pagi, proses ini sendiri hanya memakan waktu 20 menit, dari registrasi – menerima hasil foto.

Dari sana, saya kembali lagi ke poli gigi. Dokternya lihat hasil fotonya dan akhirnya rekomendasi pengobatan yang dia berikan di luar dugaan saya : “Ehm, bener ini giginya. Kamu harus dioperasi nih. Kalau enggak bakalan sakit terus”. Kalau mau dijelaskan dengan gambar yang nyata, maka kira-kira beginilah keadaan gigi saya sebelum operasi (gigi geraham bungsu mendorong gusi dari dalam, pada akhirnya menyebabkan gusi meradang).

bagian gigi yang terkena impaksi (courtesy: klikdokter.com)

sedangkan gambar berikut adalah hasil foto panoramik dari lab:

bagian gigi yang terkena impaksi (bawah: operasi, atas: cabut)

Kemudian dia menuliskan surat pengantar operasi dan meminta saya untuk melakukan appointment sendiri. Saya sempat konsultasi dengan doi tentang kondisi gigi saya tersebut. Kesimpulannya, penyebab gigi saya sakit adalah akibat tumbuhnya geraham bungsu di bawah gusi yang mengakibatkan gusi meradang. Berhubung ini geraham bungsu, tidak seperti gigi susu, belum tentu gigi tersebut akan tumbuh menembus gusi. Jadi, kemungkinan dia tetap di bawah gusi dan menimbulkan rasa sakit itu sangatlah mungkin. Kalau istilah kerennya di dunia kedokteran, gigi saya mengalami impaksi bony vertical impaction (impaksi karena desain rahang dan syaraf sehingga ada gigi yang separuh atau bahkan seluruhnya tertahan dalam gusi). Kira-kira begini gambarannya:

bony vertical impaction (courtesy: animated-teeth.com)

Di luar impaksi, gigi geraham bungsu bisa tumbuh normal apa adanya walaupun ternyata tidak berguna juga (selain hanya menambah jumlah gigi doang) karena informasi dari dokter gigi yang saya dapatkan, makanan yang kita kunyah itu tidak selalu melibatkan geraham bungsu. Efek yang ada, hanya menambah kotoran di gigi doang, sedangkan kebanyakan sikat gigi yang beredar akan sulit mencapai titik tersebut (belum lagi kalau orangnya tipikal manusia yang tidak menikmati saat-saat menggosok gigi).

Pada akhirnya, saya mengalah dan mengikuti pesan dokter untuk melakukan odontectomy.
Operasi sendiri saya lakukan di RS.St.Carolus. Pertimbangannya adalah biaya. Di sana lebih murah dibandingkan dengan RS. Mitra Kemayoran. Untuk biaya odontectomy ini sendiri, kisarannya beragam. Dari 3 juta lebih, tergantung rumah sakit dan tingkat keparahan gigi (karena pasti ngaruh juga ke effort sang dokter bedah). Untuk biaya operasi yang saya lakukan ini, total biaya yang saya keluarkan adalah 4.3 juta. Termasuk operasi gigi geraham bungsu kanan bawah, cabut gigi atas (dengan komplikasi berat), biaya anestesi dan obat.

Drg yang melakukan operasinya adalah Drg. Thomas SpBM. Saya membawa hasil foto panoramik gigi saya dan surat pengantar dari drg. Indah. Saya melakukan appointment di sabtu pagi & dapat jadwal operasi senin pagi. Senin pagi, sesampainya disana … basa-basi sedikit dan akhirnya saya disuruh mangap. Dicek sebentar dan dibandingin dengan hasilfoto panoramiknya dan ternyata … gigi yang dicabut harus sepasang (geraham bungsu kanan atas dan bawah).

Kenapa ?
Karena ternyata kalau cuma gigi bawah yang dioperasi tanpa disertai gigi atas, maka gigi tersebut akan melukai dan tidak menutup kemungkinan menyebabkan gigi di seberangnya menjadi infeksi dan hal itu kelihatan nyata di gigi saya. Gusi geraham kanan bawah sudah meradang. Makanya tidak heran kalau efeknya terasa banget di saraf leher dan telinga.

Sejujurnya saya takut dan gak santai, bahkan saking takutnya saya baru bisa tidur jam 2 subuh (operasinya sendiri adalah jam 9 pagi di hari yang sama).
Saya disuruh rileks di kursi dokter gigi, disuruh rileks dan doa kemudian mulailah hal-hal mengerikan berdatangan. Berhubungan saya penakut, saya minta wajah saya ditutup kain saja, saya gak mau melihat benda-benda apa saja yang akan dimasukkan ke dalam mulut saya atau berapa jumlah darah yang sudah terbuang. Operasi odontectomy ini adalah operasi lokal (bagian mulut dan gigi doang), maka biusnya pun dilakukan secara lokal. Tapi tetep aja ya cin, bagian mulut dan gigi itu sensitif jadi masih dibius saja udah cukup membuat saya ketar-ketir.Ada beberapa lokasi yang dibius, tapi yang paling menyakitkan adalah bius di langit-langit mulut. Waktu saya operasi kemarin, ada 4 kali suntikan bius. Setelah kira-kira 10 menit saya dibius, mulailah saya merasakan pisau bedah, pingset gigi, sampai bor menari-nari di dalam gigi saya. Operasi diakhiri dengan menjahit bekas gusi yang dibedah, saya cuma sempat ngintip sedikit bagian ini doang, abis itu merem lagi. Kan gigi saya ada di bawah gusinya, jadi gusinya harus dirobek sedikit dulu untuk bisa mengeluarkan giginya. sakit ? gak donk … kan udah dibius (jangan ngebayangin dalam keadaan gak bisa dibius, bisa ngilu seluruh tubuh).

Setelah gigi bawah dioperasi, giliran yang bagian atas, Karena gigi tersebut sudah numbuh maka tidak perlu dilakukan operasi, hanya cabut gigi biasa saja. Kira-kira 40-60 menit operasinya selesai dan saya diberikan casa gigi untuk ditempelkan di daerah bekas operasi dan cabut gigi. Saya senang operasi ini berjalan sukses, semoga saya gak menderita sakit gigi yang mengenai syaraf lagi. Pesan saya bagi yang ingin melakukan odontectomy adalah:

  • Percayalah kepada dokter gigi dan bedah mulut. Mereka pasti merekomendasikan yang terbaik buat kita.
  • Kalau boleh dapatkan appointment di antrian pertama. Jadi gak perlu denger-denger jeritan mengerikan di antrian sebelumnya (ini bisa makin bikin takut lagi).
  • Setelah selesai operasi, jangan lupa mengkonsumsi obat antibiotik dan painkiller yang biasa sudah diresepkan dokter setelah selesai operasi (jadi jangan terlena di operasinya, sampai lupa untuk menukar resep dokter).
  • Istirahat yang cukup
  • Kurangi aktifitas yang melibatkan mulut dan gigi (beberapa hari setelah operasi, saya mengkonsumsi makanan cair)
  • Jangan kumur-kumur dan meludah (seenggaknya sampai minggu pertama dan bekas jahitan dibuka)
  • Di beberapa kasus (termasuk saya), mungkin di hari pertama setelah operasi darah masih mengucur (tenang aja, sedikit kok) dari daerah bekas pembedahan. Untuk menguranginya, kita bisa minta cadangan casa gigi atau mengompres daerah pipi (atau daerah lain di sekitarnya) dengan es batu. Lakukan maksimal 10 menit. Hal ini cukup membantu proses pembekuan darah.
  • Akhir kata, emang operasi ini sakit. bikin pipi bengkak berhari-hari, susah mangap (apalagi makan), bagi saya sendiri sampai susah nelan. Tapi bukan jadi akhir segalanya..

PS: post ini semata-mata saya tulis dari pengalaman seorang awam yang melakukan odontectomy. Sekedar berbagi buat siapa saja yang berniat melakukan odontectomy. Jadi, jangan lakukan konsultasi gigi dengan saya. Finally, thanks for reading..

41 thoughts on “curhat : odontectomy (operasi geraham bungsu)

  1. Moniq says:

    thx kak,info’y.
    Bsok mw ke puskesmas neh,mw cba cbut,cuz ud timbul.
    Cma agk mring dkit.
    M0ga bisa di cbut biasa ya?!
    Biar ga mahal.

  2. dwi says:

    saya cowok 22 tahun. semua gigi geraham bungsu impaksi.
    bukan biaya yang saya pikirkan, tapi sakinya jarum suntik saat suntik bius di gusi.. alamakk.. macam banci saja saya ini takut jarum suntik.
    tapi sudah bawaan orok, gimana ya???

  3. Ipung says:

    Hari senin tgl 26 november 2012 jam 5.45pm saya mencabut gigi geraham bungsu atas kiri,sy berpikir biaya nya dahsyat ,ternyata mmg benet dahsyat diluar dugaan saya, hanya 250rb saja dan tanpa obat,kalau obat gigi yg paling ampuh adalah mefinal 500mg seusia sy,jd sy pakai obat tersebut bilamana sakit gigi atau bius nya telah habis,datang aja di drg. Andy s prabowo di pasar minggu,kalau bawa kendaraan mobil parkir di ramayana pasar minggu dan jalan aja,tepatnya sebelah dunkin donat pasar minggu praktek jam 17.00 di hari senin,selasa,rabu dan jumat no tlp 08128605339 dng assistant drg.andy. Nyabutnya sama nyuntiknya ga berasa bossss

    • rymond says:

      mas ipung, apa dokternya masih buka praktek sampai hari ini ? kagak tega ngeliat istri sakit gigi ampe sakit kepala. sdh periksa ke drg, dan dirontgen, rekomendasi operasi gigi geraham bungsu,
      mohon infonya mas…

  4. karisma says:

    hohohoohooh hari ini pada pukul 20.00 hmmmm ras setres mulai meradang di otak saya karena mau di oprasi si bungsu hadeuuuhhh,awal mulanya ga mau untuk di ambil ni bungsu karena ni bungsu bikin ulah terus ,mau ga mau harus di cabut.emang waktu di cabut tida berasa skit ama waktu di jahit nya tapi setelah pulang kerumah lumayan tersa sakit.tips dan saran aja nih setelaj 1 jam cepet2 minum obat yang di kasi dokter,5 jam sekali karena katanya dokter ni reaksi obat selama 8 jam jadi sebelum obat itu reaksi nya habis kita sudah minum jadi tidak tersa sakit,minum lah air dingin,dan kompres sama es batu ato ga air dingin dari kulkas thx yaaaaaaa…..

  5. Tina says:

    baru mo bikin janji untuk pengangkatan geraham bungsu itu. Tertunda 10 thn karena kirain itu gigi bakal nurut ga jadi pemberontak yg bikin tegang urat kepala.
    Hhuft…rada parno, sebab 10 th lalu aja itu gigi numbuhnya di bawah tulang, pegimanae sekarang…? doakan yaa…

  6. yanto (toto) says:

    Aku tgl 6 bln 9 thn 2013 kemarin ud dpt info kurang lbh biaya Sendiri cek dokter anita 80rb, rontgent 200rb dan operaSi biaya 2,1jt , di rS iSlam jkt lebih 1thn yg lalu tumbuh gigi impaxi di kiri bwh mentok plg blkg dipuxezmaz diphoto rontgen abiz cuma 10rb, tapi ngak brani cabut44444n cuma dirujuk ke rS besar. nd perixa free truz tgg lama banget 1thn ini beraxa banget nich Sakitnya ampun 7 turunan, cuma Sharing nich wajib dicabut Sgra mas bro and mbak SiS! Dulu dokternya cuma bilang tunggu aja dulu ini obatnya diminum ngak balik lagi ke dokter gigi waktu itu krn ngak nyaranin hrS dicabut Sgra alaSanya ngak bs dicabut krn mh Sakit.

  7. ririn says:

    aq baru odon kurang lebih 10 harian but masih agak ngilu n pegel kalo dipake ngunyah mangap pun belum bisa normal. menurut pengalaman sist. berapa lama sich back to normal?

  8. villa says:

    Gigi bungsu yg hrus di oprasi cuma yg bener” gak klihatan (terkubur di gusi)di permukaan apa yg udh nongol dikit jga hrus ttp di oprasi?

    • miss hennie says:

      Gua kemaren itu belum nongol tapi nyerinya uda terasa banget. Jadi, tiap haru kudu minum painkiller biar bisa makan. Akhirnya gua nyerah nih, pain killer mulu. Jadi, gua mutusin untuk segera operasi aja.

      Kalau uda nongol juga bisa kok. Coba dikonsultasikan aja ke SpBM (Dokter Spesialis Bedah Mulut)

  9. tary says:

    Wah klo aq dah ngalamin dua kali operasi geraham bungsu bawah kanan kiri.yg kiri aq cabut thn 2012.yg kanan br tgl 7.mei 2014 kmrn.krn dah tau rasanya yaa pasrah n nerimain aja siy.alhamdulillah sakitnya cuman sejam hbs operasi.krn pulang dr dokter lgsg tebus resep n lgsg diminum obatnya akhirnya bs tidur nyenyak.oh iya aq dioperasi gigi di tmpt praktek drg alwin kasim Sp BM.praktek jg di rs boromeus bandung.dokter ini laku bgt deh.tiap dtg kontrol ksana slalu penuh terus.cabut gigi di dokter ini ga bkin pipi bengkak gede.kbukti operasi ku yg pertama n kedua bengkaknya cuma dikit aja jd msh pede aja klo dbawa kluar rmh or jln2.hoo iya aq siy sehari ga bs mkn nasi cuman bubur lembut.hr kedua dan berikutnya kupaksain mkn nasi krn ga thn lapar hee..

  10. Natalia Butarbutar says:

    Bener skali infonya mba..siang td aku abis operasi. Soalnya udh tiap hari kl mau tidur kan sikat gigi dl tuh..abisnya sakit gigi plus saraf kepala kaya ditarik2..mnum sanmol,paramex sampe keringet dingin pun ga sembuh2..akhirnya pagi ini saya dtf ke klinik..saya pikir krn lubang..taunya krn tumbuh gigi bungsu ini..plus sbelah2 ada lubang..gigi bungsu saya sampe itam krn ga pernah kejangkau sikat gigi plus udh bolong..akhirnya saya beranikan diri buat mengiyakan dioperasi..sakittttttt….skrg ga bs nelen,mnum dan makan jg susah..diet critanya..tp mudah2 3-4 hari sembuh..hiks

  11. ifa says:

    Oh my god takuuuuttttt bangettttt saya…,hari ini di katakan harus operasi gigi bungsu….,terima kasih infonya…paling tidak sy jd tahu lebih bannyak..sakit mana sih ama melahirkan….??:'(нΰά˚°º:'(нΰά˚°º:'(нΰά˚°º.

  12. halima says:

    Saya mengalami tumbuh geraham bungsu yg menyakit kan juga mbak, di geraham bawah sebelah kanan . Ampun banget sakit nya mbak . Solusi apa yg harus dilakukan selain melakukan odon mbak ? Saya udah periksa ke dokter , dokter nya cuma bilang , kalo udah hilang sakit nya kita cabut aja . Setelah aku browsing ternyata operasi kecil . Takut jadi nya mba ..

  13. elok says:

    saya kemarin sore baru saja operasi odon dan skrang baru bengkak2nya. minta saran donk buat yg udah pengalaman, gosok giginya gmana? atau cukup kumur aja, rasanya gak enak kalo gigi lain gak dbersihkan tp buat buka mulut aja masih sakit. mohon pencerahannya mba…🙂

    thank u…

    • miss hennie says:

      emang belum bisa gosok gigi kalo di bagian yg sakit. btw, kamu odon di kedua belah pipi apa sebagian doang? kumur2 juga gak dianjurkan, karena takut ngelepas bekas jaitan. Jadi untuk saat ini, ya emang tanah diri dulu dengan bau mulut🙂

      • elok says:

        oo gtu y mba? saya cabut 1 gigi aja kanan bawah. hehee baiklah terima kasih infonya. yg lbh harus tahan org2 skitar kali ya.. hihii untung masih cuti kerja.

  14. pink says:

    Mau nanya mba, gigi bungsu yg sebelah kiri bawah posisinya apa sama dengan yg kanan juga? Apa ada perubahan di wajah sebelah kanan di banding kiri? Makasih mba..

  15. adeayu ade says:

    Aku hari senin kemarin abis operasi odon kanan kiri atas bawah.
    Cuma dikasih resep buat obat kumur nya juga. Tp aku gak berani karena kan masih perih.kira kira biar pipi kempes gimana ya caranya

  16. ervie says:

    Br cari2 dokter yg ga skt kl ngoperasi dmana ya?di jkt..mba kl pasca operasi kan ga blh gosok gigi..apa ga mlh jd byk kuman di sekitar mulut?

    • miss hennie says:

      biasanya sih sakitnya ya setelah operasi. kalo soal gosok gigi sih bisa aja, tapi jangan di bagian yang baru dioperasi (jadi partial gitu gosok giginya). paling dibantu dengan kumur2 pelan. Maksimal seminggu doang kok gak kumur2nya, abis lepas jahitan udah bisa normal lagi (makan dan gosok gigi)

  17. Ena says:

    saya habis oprasi gigi bungsu kanan bawah 8 bulan lalu.. Oleh dr toto spbm. Yg terjadi smpe saat ini lidah saya baal. Kebal. Mati rasa. Dokternya tdk tgg jwb dn hny suruh sy terus2an konsumsi meticobal. Menyesal teramat sangat..

  18. Ena says:

    Saya oprasi gigi bungsu kanan bawah oleh dr toto spbm. Dan smpe detik ini lidah sy baal kebal dan mati rasa.. Sepanjang hari mulut sy terasa sangat kering dan harus minum tiap semenit. Dokternya kemana? Ya cuek aja tdk brtgg jwb, hny nyuruh terus2an konsumsi meticobal.. Smpe skrg sy sibuk mencari pengobatan ksana kmari ke spesialis syaraf juga bahkan ke alternatif..just sharing

  19. princess anak says:

    pengalaman saya kemarin mau cabut gigi bagian bawah nomor 2 dari ujung pas di cabut eh patah, akhirnya dokter suruh saya rontgen gigi dan minggu depan untuk operasi, hiks ini aja bekas suntikan masih sakit banget kalo nelen aja bukan main bengkak pula lagi apalagi nanti dioperasi ya hmm

  20. Dina Ayu Anatika says:

    Hai, saya habis operasi geraham bungsu kiri bawah pagi kemarin. Waktu giginya dicabut ya tuhaaan sakit banget😦 sampe terdengar suara “krek” dan reflek air mata saya keluar ga berhenti plus gemeteran. 1-2 menit stlh gigi diangkat saya masih gemeteran krn shock dengan rasa sakit yg barusan saya alami. Untungnya pas dijahit ga kerasa apa pun. Dokternya sih bilang krn gigi saya dekat sekali sama saraf jadi ngilunya luar biasa (hehe, ini sih bukan sekedar ngilu Dok!). Pasca operasi cuma kerasa nyutnyutan aja sama kaya sakit pas impaksi, sakit nelan, pipi bengkak, dan agak kaku dikit tapi ga terlalu gimana2 kok dikasih mefinal sama dibawa tidur juga enak. Tinggal nunggu seminggu deh untuk cabut jahitan, btw sakit ga sih itu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s