catfish


Maksudnya ikan lele gitu? Jawabnya tentu saja bukan.

Jadi berdasarkan hasil google dan wiki Catfish itu adalah sebuah film yang mengisahkan cerita tentang seorang remaja cowo yang menjalin hubungan dengan seorang remaja cewek melalui social media network (Facebook). Lengkapnya mungkin bisa disini

Dalam dunia nyata ternyata hal kayak gini itu banyak terjadi dan beberapa bulan lalu teman saya adalah salah satu korbannya.

Di suatu hari yang cerah di bulan tua belum gajian, tiba-tiba temen saya ini dapet Friend Request dari seorang pria yang ganteng banget. Setidaknya profile picturenya menunjukkan demikian, munafik bagi cewe single buat gak approve. Berawal dari friend request, lanjut ke private message, tuker-tukeran nomer telepon, PIN BB dan sejenisnya. Namanya pedekate intens, day by day hubungan mereka semakin dekat. Pokoknya tiap hari itu can’t live without thinking of you deh. Β Iseng cek akun fb nya, eh uda in-relationship. Saya kaget!

Dua bulan setelah jadian, temen saya curhat katanya cowoknya gak seindah yang dibayangkan. Gak terbuka, pelit dan pokoknya segala hal-hal jelek deh yang keluar. Setelah saya korek informasi lebih dalam, kekagetan saya bertambah lagi. Ternyata si cowo yang ngakunya pengusaha ini, dengan rumah yang tersebar di jawa timur dan jakarta ini, serta memiliki tampang ala super junior ini, belum pernah ketemu langsung dengan temen saya. Bahkan untuk sekedar web-cam an juga belum pernah. Tetapi hal paling mengejutkan adalah akun FB yang digunakan buat kenalan dengan temen saya adalah akun palsu !!! Artinya nama, photo, jatidiri semuanya adalah palsu!!

Di jaman sekarang ini, jaman pertukaran informasi terjadi sangat cepat. Orang suka gak filter mana informasi yang bener, mana yang butuh verifikasi. Tapi please, untuk masalah percintaan, romansa dan sebangsanya logika juga kudu jalan. Untuk menghindari si ikan lele berkeliaran cari mangsa, beberapa hal yang perlu diketahui biar gak ketipu.

  • Too good to be true

Ini sih obvious, Gak mungkin orang ganteng/cantik dengan karir dan masa depan yang menjanjikan serta harta berlimpah akan menghabiskan waktu cari jodoh secara online. Yang ada sih orang pada antri kali pengen dijadiin pasangan ama mereka.

  • Please, go google his/her data

Coba cari data orang tersebut di Internet. Kalau hasilnya sangat minim atau bahkan gak ada sama sekali, well… saatnya ambil tindakan pake logika.

Oiya, sekalian woro-woro nih kasi tau. Kalau sekarang kita udah bisa cari data diri seseorang melalui foto. Caranya gampang:

1. Buka sites http://images.google.com

2. Klik pada icon “Camera” dan pilih gambar yang ingin dicari (bisa di-upload atau insert URL doang)

google-image-search

3. Tekan tombol Upload dan Voila, let google finish the job

4. Kalau foto itu nyomot punya orang pasti akan ketahuan.

This works, saya dan temen saya pernah coba.

  • Webcam is a must (in case, kalian gak memungkinkan buat ketemuan)

Hari gini, kalau ada alesan gak bisa webcam an gara-gara gak punya webcamera, duh… aneh banget deh. Rata-rata laptop sekarang dijual uda dilengkapi dengan fasilitas webcam. Okay.. okay, kali aja dia beli laptop jaman batu yang belum dilengkapi dengan webcam, well.. bolehlah bayar 5000/jam buat nebeng webcam di warnet. Kalau tetep gak ada juga, boleh deh minta dia foto diri sendiri sambil megang kertas bertuliskan nama kamu. At least kamu tahu itu orangnya nyata.

At the end, beware of catfish yah! Hidup terlalu singkat buat urusin penipu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s