Telat haid & primolut N 5mg


Dateng haid itu nyebelin, tapi kalo gak dapet haid… malah lebih nyebelin lagi.

      Nah, ceritanya desember kemaren haid saya gak dateng-dateng padahal udah lewat 15 hari dari tanggal jatuh tempo. Cuma tanda-tanda bakalan dateng haid itu udah nongol sejak tanggal seharusnya saya dapet haid. Karena udah mau mudik dan badan uda bener-bener gak enak, makanya saya memutuskan untuk konsultasi ke dokter kandungan. Akhirnya memutuskan diri untuk konsultasi ke dokter kandungan di RS. St carolus pada hari Sabtu.

      Ternyata konsultasi ke dokter kandungan itu adalah kesalahan terbesar. Antriannya asli panjang banget. Saya melakukan appointment by phone di pagi hari (sekitar jam 7 pagi kurang), udah dapet nomor antrian 33 dan jadwal konsul jam 12 siang. Sampai disana, saya nunggu kira-kira sejam sebelum dipanggil untuk konsultasi. Setelah itu di USG untuk memastikan apa ada kelainan di dalam rahim dan sebangsanya. Puji Tuhan, ternyata gak ada. Semuanya baik-baik saja. Dokter menuliskan resep “Primolut 5N” untuk dikonsumsi selama 10 hari. Harga obat ini juga tergolong menengah (Rp. 171.000 untuk 30 tablets). Diminumnya 3x sehari setelah makan.

      Saya mengkonsumsi obat ini selama 3 hari dan was-was abis karena haidnya ternyata gak kunjung datang. Akhirnya, setelah konsultasi online via google dan cari tau orang yang senasib dengan saya serta dengan seorang dokter kenalan. Kebanyakan dari mereka mendapatkan haid setelah berhenti mengkonsumsi obat ini. Ternyata, bener saja. Dua hari setelah saya berhenti mengkonsumsi tablet ini, haid saya keluar normal.

Ternyata cara kerja primolut ini adalah seperti dua sisi mata uang:
1. Membendung haid agar tidak keluar (ini selama kita masih tetep mengkonsumsi tablet yang bersangkutan)
2. Mengeluarkan haid (setelah berhenti mengkonsumsi pil tersebut).

Dari hasil google di beberapa tempat:

What is Primolut N used for?
source: http://www.netdoctor.co.uk/womens-health/medicines/primolut-n.html

Primolut adalah tablet 5mg yang digunakan untuk mengobat beberapa kondisi yang mengakibatkan berkurangnya hormon progesteron dalam tubuh seperti menorrhagia, secondary amenorrhoea (periode haid yang berhenti, gak nongol atau terlambat dibandingkan jadwal seharusnya); dysmenorrhoea (haid tidak berhenti); PMS; dkk seperti yang dijelaskan berikut:

Primolut N tablets 5mg are used to treat several conditions that are the result of a lack of progesterone including menstrual disorders like: menorrhagia (heavy prolonged menstrual bleeding) secondary amenorrhoea (menstrual periods that have stopped, are absent or irregular); dysmenorrhoea (painful periods); premenstrual syndrome, including cyclical mastopathy (premenstrual breast swelling and tenderness); dysfunctional or abnormal uterine bleeding, which occurs during the menstrual cycle instead of at the end. Primolut N tablets 5mg are also used to treat endometriosis (growth of endometrial tissue outside the uterus causing pain and bleeding) and shift the timing of menstruation to help manage irregular menstrual cycles.

TIPS & WARNING:

  • Obat ini tidak diperkenankan untuk wanita hamil, jika anda aktif secara seksual sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan bahwa terlambatnya haid bukan karena hamil sebelum mulai mengkonsumsi obat ini. 
  • Cara kerja dan hasil yang didapatkan setiap wanita setelah mengkonsumsi obat ini bisa berbeda (ada yang haidnya tetap gak nongol-nongol juga) atau malah mendapatkan gejala sakit lain. Jika keadaannya sudah sedemikian rupa, ada baiknya kembali berkonsultasi dengan dokter kandungan yang terpercaya.
  • Blog ini saya tuliskan berdasarkan pengalaman saya sendiri, tetapi untuk kebaikan bersama jika ada beberapa dari ladies-ladies sekalian yang mengalami kasus yang sama dengan saya, ada baiknya dikonsultasikan dengan pihak medis sebelum mulai mengkonsumsi obat ini.

64 thoughts on “Telat haid & primolut N 5mg

  1. alike says:

    mau nanya nih , aku juga suka telat gitu menstruasinya , terus minum primolut 10 tablet 1×1 hari , dan ini udah hari ke 2 ga minum karena udah abis . kira kira efek primolut sampe berapa lama ya ? makasi buat infonya

    • miss hennie says:

      Dulu gua diresep ama dokternya sih 3×1 tablet per hari nya. Gua makan 9 tablet (3 hari), berenti 3 hari terus haidnya lancar. Btw, kamu tiap bulan selalu telat atau emang baru kali ini ajah?

      • miss hennie says:

        saya dulu nongol di hari ke-3 mbak. Coba ditunggu aja seminggu ini. Kalo emang gak sedang menunggu kehamilan, mending konsultasi lagi deh. Karena kadang ada bbrp faktor lain yang bikin haid gak nongol. tapi baiknya dicek dulu deh ke dokter kandungan.

  2. arif says:

    Maaf bu, kmu dokter?perawat?ato paramedis lain??
    Stiap tbuh org itu brbda kbtuhan penangannya,gbisa lgsg dsamaratakn dg pglmn kmu sbgitu mdahnya, dosis pun ga ssuai dg pglmn drimu sja, ad prtmbgn2 khsus knp obt itu dbrikan dn brp x pmbriannya, mhon klo posting jgn mnyesatkn ya bu. BTK

    • miss hennie says:

      Saya ke dokter mas. Dokter kandungan tepatnya. Jadi ini resepnya emang dikasi dari dokter.
      Di tulisan saya kan nulisnya begitu. Plis, jangan dibaca setengah-setengah

    • miss hennie says:

      Nah, gua justru haidnya setelah 3 hari berenti konsumsi primolut. Sekarang uda berenti konsumsi atau enggak?
      Kalau sampe seminggu setelah berenti konsumsi belum haid juga. Mending cek lagi deh dokter kandungan

  3. titik says:

    Alhamdulilah mbak aq nurut pean setelah satu minggu aq konsumsi dan gk ada hasilnya akhirya aq berhentiin minum obat dan besokny langsung haid ….mksh mbak infonya rasa was2 hilang langsung

  4. harayael says:

    aku dikasih resep primolut 1×1 selama 7 hari, suruh tunggu 3 – 5 hari klo belum haid srh dtg konsul lagi. aku minum dalam rangka belum dapat haid setelah melahirkan tapi mau pasang iud, kata dokter bahasa awamnya rahim saya kering. ditunggu sampai hari ke 5 belum haid juga… mau ke dokter lagi,,,doakan saya tidak apa apa yah🙂

  5. rahma says:

    aku juga kmrn d resepin dokter primolut, 2×1 slama 7 hari . ini uda hari ke 2 ga minum tp blm nongol haidnya . semoga ga knp2 deh , huhu was2 bgt . badan rasanya uda ga enak bgtttt

  6. icha says:

    aku juga gitu kok . hampir 3 bulan ga haid . terus ke dokter kandungan dikasih resep primolut n . disuruh minum 2×1 . tp baru minum 2 hari kemudian lgsg haid . terus setelah haid lancar selama 2 bulan eh kembali telat lg haid nya . akhirnya aku minum lg primolutnya . tp takut jd ketergantugan . kira2 ada cara lain ga yah biar haid nya teratur ?

    • emma pardede says:

      Iya aku juga gtu nih, takut ketergantungan. Tapi kemaren itu aku minum madu, dan haid ku lancar. Setelah madu abis balik kayak semula, haid ga kunjung2 dtng, apa harus minum madu terus yak

  7. Meryana says:

    Mbakk tny jg donk…sya jg telat mens ..minum obat primolut n 3hri ..ni da stop komsumsi hari ke 2 , kok mens nya msh lum nonggol yy
    Thanks sblmnya

  8. Noviarahmawati says:

    Hay mbk aq mo tanya aq heid sdh 8hr kok lom berhenti2 ya mbk
    tolong dong kasih tau obat resepnya
    biasanya saya tuh heid smpk 5hri tu sdh suci
    Makasih

  9. dita says:

    Mba.. di tulisan mba cerita kalo telat 15 hr tp tanda2 datangnya haid sudah dr tgl seharusnya. Itu tanda2 sperti apa? Krn sy merasakan payudara saya sakit seperti mau haid dr tgl yg seharusnya tp sudah telat 1 minggu.

  10. karMah says:

    mba aku mau tanya??
    aku udah teLat haid slma 3 bulan ..baru kali ini aku telat .terus aku minum primolut 5 kapsul slma5 hari .?terus hasil nya belum ada juga sampe saat inh aku belom haid juga mba?

  11. evie says:

    saya juga telat 3 bln tdk haid, setelah ke dokter kandungan ternyata ada yg menyumbat di sel telur nya, jd mampet, dokter bilang sih itu bisa krn faktor obat diet ato Kb Suntik, setelah itu dokter kasih resep primolut 20 utnuk diminum selama 10 hari 2×1, baru brenti hari minggu tgl 24 agustus 2014, was’ jg sih kalo belum dpt haid jg, tp tanda’ mau haid sdh aku rasakan,

  12. Juliana says:

    Mbak, saya mau tanya, saya telat udah 1 bulan mensNya. Trus saya konsumsi Primolut udah 1 tablet. Dengan konsumsi 3×1 sehari jerawat saya muncul. Tapi kok belum dapet2 ya… Bantu sjare ya mbak.

    • miss hennie says:

      Juliana,

      Kamu sexually active ga? kalo iya, mending konsultasi ke dokter. Kalo enggak, coba konsumsi primulot nya selama 3 hari trus berenti. tunggu 3 hari kemudian. HTH ya darling

      • Juliana says:

        Nggak mbak udah 2 minggu ini, lagian suami saya di luar kota. 1 hari ini juga lagi saya berhentikan konsumsi primolutNya mbak. Makasih ya mbak saranNya suami saya slalu khawatir. Tlong bantu sya ya Mbak. Thx sblumNya.

  13. maya pausia andika says:

    Mbak,saya mo tanya saya jg sering telat haid, & dan d resepin dokter primolut-n,tapi klo saya tdk minum lg haidnya telat lagi,dokter pernah menganjurkan saya u/ cek hormon,tapi biayanya sgt mahal u/satu hormon,kira hormin apa saja yg diperiksa, dan apakah ada solusi lain u/ menstabilkan hormon saya lagi,

    Tq,mbak sebelumnya……

  14. Ummi Kalsum says:

    aku jg mngalami sperti itu setelah minum 3 hri kemudian haid sy keluar selama kurang lebih seminggu. setelah itu mbak msih ad lg obat yg d komsumsi atau sdh tidak ? mohon d jwb

  15. dearclaramaria says:

    Mba.. saya sudah telat 3bulan. Sudah konsultasi ke dkter dan hasil nya normal,saya jg tidak sedang hamil.
    lalu saya diberi obat esthero.namun tdk hamil jg. Minta info mba. Dgn siapa saya bisa konsul lg?krn biaya dokter untuk ini ckup mahal bagi saya..
    trims..

  16. Sookie Lathyn says:

    Bagi sesama kaum wanita. Karena saya jg memiliki pengalaman setelah mengkonsumsi primolut. Pertama kali sy diberi info oleh teman bagaimana cara menghentikan haid supaya sy bisa melayani suami yang baru pulang dari tugas. Sy mengkonsumsi 3 x sehari esoknya haid sy benar2 berhenti. Namun setelah seminggu haid sy datang kembali. Sy mengalami haid selama 2 minggu itu setelah mengkonsumsi primolut. Dan haid sy berupa gumpalan darah berbentuk seperti hati ayam, sangat banyak. Sampai harus mengganti pembalut tiap jam. Kemudian sy periksa ke dokter kandungan dan dokter menganjurkan untuk USG, ada gumpalan banyak didalam rahim sy. Menurut dokter itu adalah gumpalan darah haid yg membeku. Dan sy harus dikuret unyuk membersihkannya. Teman sesama wanita haid itu adalah normal bersyukurlah anda bisa mengalami haid. Jika anda ingin memperlancar haid sebaiknya anda meminum jamu atau kelapa muda. Sy menganjurkan anda jangan mengkonsumsi obat primolut sekalipun itu resep dari dokter. Terima kasih

  17. Stefanny says:

    Sharing ya… Saya juga dapet obat yg sama dari dokter kandungan. Kalo saya haid memang selalu telat, tp saya dikasih obat itu karena setelah 2 minggu lebih saya mens tp masih ngeluarin flek2 coklat, sudah khawatir banget karena sdh 3 kali haids seperti itu. Puji Tuhan kata dokter hanya karena hormon saja. begitu konsumsi 2×1 hari langsung berhenti flek nya…

  18. Rosmawati says:

    Mba,saya blm menikah,rencana mau umroh,ada yg nyaranin mnm primolut,apakah mens saya brhenti klo mnm primolut? Makasih sblm nya mba.

    • Crh says:

      Setau saya,, primolut itu untuk menunda menstruasi,,
      Ketika pemakaian di berhentikan menstruasi akan datang dihari ketiga ,,
      Dan kl haid ttp ngga muncul saya coba minum m-kapsul,,
      Sehari dua tablet,,
      Saya bukan dokter saya juga ngga bermaksud sok tahu,,
      Saya hanya coba berbagi pengalaman saja..

    • endah says:

      Mbak mau tanya saya haid terakhir tgl 5 sampai 12 feb klu saya ingin majukan haid bisakah minum primolut,mulai tgl 26 feb,krn saya mau umroh tgl 9 maret,thanks

      • Crh says:

        Primolut bisa menunda,,
        Dan untuk mempercepat haid saya minum m-kapsul sehari dua tablet,,
        Saya coba berbagi pengalaman .

  19. lia says:

    mba rosmawati boleh nanya ga?
    sya mau umroh juga itu obatny bisa mnunda mens dlu ga?
    tolong infony yah trima ksih

  20. zetta says:

    mau nanya dong. aku konsultasi ke dokter kandungan suruh minum primolut 2x sehari selama 5hr pas lg haid. hr ketiga biasanya haidnya tinggal dikit tp setelah konsumsi obat ini, jd makin banyak tp hr berikutnya malah ga ada trs setelah hr ke 8 muncul lg haidnya. itu kenapa ya? bs kasih infonya? thx

  21. Nicky says:

    Mba saya sudah hampir 3 bulan belum mens , sy baru menikah 4 bulan lalu terakhir mens bulan 24 Maret 2014 do TP negatif terus,di awal Juni kmrin sy ke bidan untuk USG dan dlm rahim sy tidak ad tanda” kehamilan,kmdudian sy dberi pbat prolit yg sy konsumsi 2×1 sy mnum slma 5 hahi belakangan ini , tapi knp smpe skrg blm mens juga ,?? Ad solusi lain kah

    • miss hennie says:

      hi Mbak Nicky,

      Maap belakangan sibuk, baru baca komennya. Btw, gimana progressnya? masi belum hamil juga kah mbak?
      Ada temen yang kasusnya kayak mbak, pada akhirnya dia cek hormon dan ternyata emang ada sedikit kelainan. Menurut pendapat saya, coba konsultasi ke dokter kandungan langsung mbak. Jangan sebatas bidan doang. Semoga membantu. terima kasih🙂

  22. Fittrii says:

    Sayabuda telat 2 minggu…
    Saya dikasih obat primolut.aturan 2×1. Saya uda konsunmsi 8 tablet.tapi haidnya blm nongol..padahal gejala tanda* haid uda saya rasain 1 minggu ini… ,
    Dokter ko ga tau ya efec dari obat ni parah ngt….😦
    Biar cpet dapet haid gmana ya…

  23. Adel says:

    Hai mba
    Maaf ikut konsul
    Aku blm nikah, haid lancar sblmnya. Tapi tiba” tidak haid selama 3bln. Dokter kandungan sarankan minum obat primolut 2xsehari selama 10hari. Ini udah hari yang ke 3 n ak belum haid juga. Ak tunggu sampe kapan yaa? Blm ada tanda apa”. Sblmnya udah d USG n rahim baik” saja tapi ada penebalan dinding rahim 2cm.
    Bikin galau ni, bete -_-“. Tq

  24. riri says:

    thanks sharingnya, saya maret 2015 telat mens sebulan trus bl mei mens terus byk + bergumpal2, berenti seminggu trus mens lagi, begitu sampe akhir july. Penebalan dinding rahim / endometriosis 17mm, tiap jam ganti pembalut & hb saya 6 krn mens terus dan agustus saya dikuret …. trus minum primolut 3×5 hari trus lancar sampe mens terakhir 9dec & skrg udh 28 jan blm mens lagi. Minggu lalu saya consult lg dikasih primolut 3×5 hari yg udh abis selasa kmrn, tp sampe skrng blm keluar mens nya … tadinya hari ini saya mau ke dr lagi, tp baca sharing kalian jd saya pikir wajar ya nunggu seminggu lagi … ternyata bahkan ada yg telat sampe 3bl …. saya hampir tiap bl usg dalam u cek takut ada kista, myom, tumor dll …semoga cuma gejala pra meno aja krn umur saya 46. tq

  25. sriyanti says:

    saya blum menikah, wktu saya sekolah haid saya bnyak kali seperti gumpalan hati ayam. trus ketika diperguruan tinggi haid saya hilang sama sekali smpe skrg.. kurang lebih 2 tahun dan saya konsul ke dokter kandungan dikasih primolut.. apa ga apa apa itu?

  26. lenni says:

    Buat ladies…masalah rahim tuh Ga blh sepele lho,jgn asal mnm obat klu gejala haid blm dtg,sebaiknya konsultasi dgn Dokter kandungan,tgl.24Feb2016,saya control ke Dokter kandungan,krn hampir2bln telat,tp pas di USG,hasilny negatif,disaranka minum primolut 1×1,dgn jadwal minum teratur,msh proses nih mudah2an haidnya nongol,amiin,waktu Hamil yg ke.3,saya Ga control Dokter,krn telat,adik saya yg apoteker nyaranin mnm primolut,sakitnya ampuun,pas mnm hr ke2.timbul bercak2 merah,krn khawatir suami ajak kedokter kandungan,Dan ternyata,ya Allah,aku positif Hamil,untungnya bayiku gpp,sdh 3thn skrg,menggemaskn,krn nya aku saranin buat ladies yg mau minum obat,konsultasi dulu deh sama ahlinya,krn urusan kesehatan Ga main2 lho,buat bunda yg g punya uang cukup unk konsultasi Dokter,ikut BPJS,KESEHATAN,deh,swear,aku punya asuransi kesehatan pribadi,tp BPJS aku jg pakai,sama2 bagus kok sist…ok,mudah2an kita selalu diberi kesehatan yg sempurna ya ladies…thankful..

  27. Intan says:

    Kak mau nanya dong, aku lg menstruasi baru 2hari, trus aku perg traveling, karna males gonta ganti pembalut, aku minum primolut 1butir, behenti sih mens nya, tpi apa bisa kluar lg gak mens aku? Bantu jwb, cemas soalnya

  28. Nurul Aini says:

    Maaf dok, mau tnya. Saya kn nikah dpt 2thn, tp haid saya g lancar. Haid saya 2bln skali. Skali dtg bulan cm 4-5hr. Belom punya momongan jg. Kalo misal saya minum primolut N bs kah dok.? Mohon penjelasannya dok. Makasih

  29. yanti says:

    Kak mw nnya donk..kmrin aq mw haid udh kluar dikit trus minum obat primolut cuma 1 aja abis tu haid berhenti setelah 2 hari ko belum datang2 haidnya ..gimna solusinya mbk…

  30. ritma lusiana says:

    mbaa maf saya mau tanya saya udahh mau 3 Bulan belum dapet haid gimana solusinya ya saya was was bangget tolong ya mba. thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s