Penting: Gimana sih antri di ATM itu?


            Hari gini, apalagi di kota besar kayaknya udah hampir semua orang punya kartu debit (atau biasa disebut kartu ATM). Bahkan beberapa orang, bisa jadi punya lebih dari satu. Makanya gak heran, hampir setiap sudut kota (terlebih Jakarta) gampang ditemukan ATM. Tapi, walaupun begitu terkadang banyaknya ATM ini gak menjamin juga semua transaksi bisa dilakukan dengan cepat. Tetap aja terlihat antrian panjang di beberapa tempat (apalagi pusat perbelanjaan dan sebangsanya). Saya pribadi nih, sebenarnya paling males antri di ATM. Cuma untuk tarik tunai, daripada antri di bank saya masi tetep milih ATM. Saya yakin, banyak orang juga kayak saya. Males antri di ATM.

Sepanjang pengamatan saya, masih banyak orang yang kurang paham aturan dalam menggunakan ATM. Mulai dari antri sampai selesai transaksi. Sebagai sesama pengguna ATM yang notabene mau cepet, saya punya beberapa tips dan aturan dalam menggunakan mesin ATM dalam keadaan antri

1. Saat menunggu orang selesai bertransaksi di ATM, ada baiknya kita udah mulai mempersiapkan kartu ATM yang akan kita gunakan. Bukan cuma sekali dua kali lho, saya ngeliat orang rempong abis di depan mesin ATM cuma untuk mengeluarkan kartu ATM doang.

2. Jika kita ada di antrian nomer 1 (tinggal seorang doang yang lagi transaksi). Please, jaga jarak! Saya paling gak suka diintipin ama orang kepo yang mau tau saldo saya berapa, yang mau tau tagihan kartu kredit saya berapa, atau hal-hal kepo lainnya. This is so annoying lho! Anda juga pasti gak senang kan kalau lagi transaksi diintipin ama orang yang tidak dikenal.

3. Jika mau melakukan transaksi lain selain tarik tunai, please persiapkan segala hal yang mau dibutuhkan. Misalnya nih, kalau mau transfer duit tolong udah dipersiapkan catetan (bisa di kertas kek, ponsel kek, tablet kek atau apapun) yang dibutuhkan. Jadi, sampe mesin ATM gak gratak-grutuk cari kertas, buka ponsel, tablet dan sebangsanya. Kasus ekstrimnya, saya pernah ketemu seseorang yang mau transfer duit baru nelepon orang lain buat nanya nomor rekening tujuan. Sukur-sukur masih sekali dial langsung diangkat dan dikasi tau nomer rekeningnnya. Yah kalo kagak? ampun dijeh deh. Atau kalau mau lebih simple, hari  gini gitu lho. Di setiap sudut orang udah make smartphone. Transaksi via mobile banking atau internet banking malah lebih nyaman, asik dan lebih cepet. Kalau udah tau make browser, facebook-an, twitteran dan sebangsanya, transaksi bank via mobile or internet is just a piece of cake.

4. Beberapa kali di mesin ATM, ada orang yang mungkin nyuekin struk transaksi (bukti transfer, bukti penarikan tunai yang menampilkan sisa saldo). Udah dicuekin gitu, saya kirain ya orang lain akan berlaku hal yang sama. Eh ternyata, ada juga beberapa orang yang hobi kepo mau tau saldo orang lain dengan ngeliatin struk-struk tersebut. Ampun deh!

5. The most important thing is JANGAN PERNAH NYELA ANTRIAN! Please, ini penting banget. Berapa kali antrian ATM saya disela oleh orang-orang gak jelas. Kalau orangnya minta ijin karena tingkat urgensi transaksinya penting sih mungkin saya akan kasih (tapi ini masih mungkin lho), tapi ada beberapa orang pasang tampang super bloon maen nyela antrian. Ehmm..no.. no semua butuh cepet dan kalau mau sama-sama cepet, biasakan antri!

Dari poin-poin saya di atas sih sebenernya hal ini gak susah dilakuin. Makanya biar sama-sama enak, yuk mari belajar dan melakukan transaksi di ATM dengan baik, benar dan sopan.

Leave a Reply

