Telat haid & primolut N 5mg

Dateng haid itu nyebelin, tapi kalo gak dapet haid… malah lebih nyebelin lagi.

      Nah, ceritanya desember kemaren haid saya gak dateng-dateng padahal udah lewat 15 hari dari tanggal jatuh tempo. Cuma tanda-tanda bakalan dateng haid itu udah nongol sejak tanggal seharusnya saya dapet haid. Karena udah mau mudik dan badan uda bener-bener gak enak, makanya saya memutuskan untuk konsultasi ke dokter kandungan. Akhirnya memutuskan diri untuk konsultasi ke dokter kandungan di RS. St carolus pada hari Sabtu.

      Ternyata konsultasi ke dokter kandungan itu adalah kesalahan terbesar. Antriannya asli panjang banget. Saya melakukan appointment by phone di pagi hari (sekitar jam 7 pagi kurang), udah dapet nomor antrian 33 dan jadwal konsul jam 12 siang. Sampai disana, saya nunggu kira-kira sejam sebelum dipanggil untuk konsultasi. Setelah itu di USG untuk memastikan apa ada kelainan di dalam rahim dan sebangsanya. Puji Tuhan, ternyata gak ada. Semuanya baik-baik saja. Dokter menuliskan resep “Primolut 5N” untuk dikonsumsi selama 10 hari. Harga obat ini juga tergolong menengah (Rp. 171.000 untuk 30 tablets). Diminumnya 3x sehari setelah makan.

      Saya mengkonsumsi obat ini selama 3 hari dan was-was abis karena haidnya ternyata gak kunjung datang. Akhirnya, setelah konsultasi online via google dan cari tau orang yang senasib dengan saya serta dengan seorang dokter kenalan. Kebanyakan dari mereka mendapatkan haid setelah berhenti mengkonsumsi obat ini. Ternyata, bener saja. Dua hari setelah saya berhenti mengkonsumsi tablet ini, haid saya keluar normal.

Ternyata cara kerja primolut ini adalah seperti dua sisi mata uang:
1. Membendung haid agar tidak keluar (ini selama kita masih tetep mengkonsumsi tablet yang bersangkutan)
2. Mengeluarkan haid (setelah berhenti mengkonsumsi pil tersebut).

Dari hasil google di beberapa tempat:

What is Primolut N used for?
source: http://www.netdoctor.co.uk/womens-health/medicines/primolut-n.html

Primolut adalah tablet 5mg yang digunakan untuk mengobat beberapa kondisi yang mengakibatkan berkurangnya hormon progesteron dalam tubuh seperti menorrhagia, secondary amenorrhoea (periode haid yang berhenti, gak nongol atau terlambat dibandingkan jadwal seharusnya); dysmenorrhoea (haid tidak berhenti); PMS; dkk seperti yang dijelaskan berikut:

Primolut N tablets 5mg are used to treat several conditions that are the result of a lack of progesterone including menstrual disorders like: menorrhagia (heavy prolonged menstrual bleeding) secondary amenorrhoea (menstrual periods that have stopped, are absent or irregular); dysmenorrhoea (painful periods); premenstrual syndrome, including cyclical mastopathy (premenstrual breast swelling and tenderness); dysfunctional or abnormal uterine bleeding, which occurs during the menstrual cycle instead of at the end. Primolut N tablets 5mg are also used to treat endometriosis (growth of endometrial tissue outside the uterus causing pain and bleeding) and shift the timing of menstruation to help manage irregular menstrual cycles.

TIPS & WARNING:

  • Obat ini tidak diperkenankan untuk wanita hamil, jika anda aktif secara seksual sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan bahwa terlambatnya haid bukan karena hamil sebelum mulai mengkonsumsi obat ini. 
  • Cara kerja dan hasil yang didapatkan setiap wanita setelah mengkonsumsi obat ini bisa berbeda (ada yang haidnya tetap gak nongol-nongol juga) atau malah mendapatkan gejala sakit lain. Jika keadaannya sudah sedemikian rupa, ada baiknya kembali berkonsultasi dengan dokter kandungan yang terpercaya.
  • Blog ini saya tuliskan berdasarkan pengalaman saya sendiri, tetapi untuk kebaikan bersama jika ada beberapa dari ladies-ladies sekalian yang mengalami kasus yang sama dengan saya, ada baiknya dikonsultasikan dengan pihak medis sebelum mulai mengkonsumsi obat ini.